KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN CEPLUKAN

Gambar pohon ceplukan

Khasiat dan manfaat tanaman dan ciplukan

Oemahherba.blogspot.com : mungkin bagi sebagian anda sahabat oemah herba tidak asing lagi dengan nama ciplukan apalagi anda yang tinggal di pedesaan ,karena tumbuhan ini biasa hidup liar di sekitar pekarangan rumah ataupun di persawahan walaupun tanaman ini tumbuh di sembarang tempat siapa sangka daun ciplukan mempunyai khasiat yang sangat menakjubkan tak heran saat ini daun ciplukan menjadi salah satu solusi herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit  .
Nama ciplukan di berbagai daerah
Tanaman ceplukan dalam bahasa ilmiah disebut Physialis Angulata  dan Morel berry dalam bahasa inggris begitu juga di indonesia setiap daerah mempunyai sebutan yang berbeda untuk tumbuhan ciplukan ini seperti  di Sumatera ciplukan disebut: daun boda, daun kapo-kapo, daun Lato-lato; daun latuik-latuik (Minangkabau). Kemudian jika di Jawa ciplukan dinamakan: cecendet, cecendet kunir, cecenet (Sunda) ceplukan,cecendet sapi, cecendet cina (Jawa), yor-yoran (Madura), keceplokan(Kangean), kemudian jika di Nusa Tenggara ciplukan : angket, keceplokan, (Bali), dedes (Sasak); ciplukan Sulawesi: Ieletokan (Minahasa). Nah jika di Maluku dikenal dengan lopunorat (Tanimbar & Seram), dagameme (Ternate) wah macam macam ya namanya .

BACA JUGA :<<SAMBILOTO SI PAHIT KAYA MANFAAT>>

Ciri-ciri tumbuhan ciplukan

Tinggi tanaman ciplukan 30-90 cm. Batangnya tumbuh tegak, bercabang dan berambut pendek. Daunnya berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5-10 cm dan lebar 2-5 cm, berseling, tepinya berlekuk-lekuk, berujung lancip, berwarna hijau muda dan bagian bawah daun berambut halus.

Penelitian buah ciplukan 

Karena khasiat dan manfaat tanaman  ciplukan yang menjadi buah bibir dikalangan masyarakat indoesia membuat para peneliti tergerak untuk mengadakan penelitian untuk mengetahui kandungan kimia yang ada pada tanaman ciplukan dan berikut beberapa ilmuwan yang telah meneliti zat aktif yang terdapat pada buah ciplukan .

Baedowi dkk telah melakukan penelitian terhadap ciplukan secara in vivo pada mencit. Dari penelitiannya tersebut, didapatkan informasi bahwa ekstrak daun ciplukan dengan dosis 28,5 mL/kg BB dapat mempengaruhi sel β insulin pankreas. Hal ini menunjukkan adanya aktivitas antihiperglikemi dari ciplukan.

Januario dkk telah menguji aktivitas antimikroba ekstrak murni herba Physalis angulata L. Fraksi A1-29-12 yang terdiri dari fisalin B, D, dan F menunjukkan KHM (Kadar Hambat Minimum) dalam menghambat Mycobacterium tubercolosis H37Rv sebesar 32 µg.mL-1. Fisalin B dan D murni menunjukkan nilai KHM dalam menghambat Mycobacterium tubercolosis H37Rv masing-masing sebesar >128 µg.mL-1 dan 32 µg.mL-1. Diduga fisalin D berperan penting pada aktivitas antimikroba yang ditunjukkan.

 N.C. Soegiarso, Andreanus A.S dan Erna Alamsoeddin, peneliti dair Jurusan Farmasi, FMIPA ITB meneliti pengaruh pemberian sari ciplukan terhadap tekanan arteri tikus. Hasilnya, herba ciplukan dengan konsentrasi 20% yang diinfuskan melalui vena penis tikus dengan dosis 0,1 ml/100 gram berat badan dapat menurunkan tekanan arteri.

 Setyawati, Arief, Sediotomo dkk. Dari Universitas Airlangga telah meneliti pengaruh pemberian sari ciplukan dalam etanol terhadap tekanan darah pada binatang. Hasilnya sari ciplukan dapat menurunkan tekanan darah binatang tersebut dan penurunan tersebut tidak dihambat loleh antihistamindan atropin.

Kandungan gizi buah ceplukan

Kandungan Gizi. Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam ciplukan antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:
Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
Akar : alkaloid
Daun : glikosida flavonoid (luteolin)
Tunas : flavonoid dan saponin
Khasiat ceplukan

Cara pengolahan tanaman  ceplukan

Berikut ini saya akan mengulas bebrapa cara untuk memanfaatkan tanaman ceplukan untuk mengatasi berbagai penyakit .

Ceplukan untuk diabetes melitus

 bersihkan tanaman ciplukan dan memotongnya menjadi beberapa bagian lalu  rebus dengan air sekitar 3 gelas banyaknya, rebus sampai mendidih dan biarkan hingga air rebusannya tersisa sebanyak 1 gelas saja lalu saring dan nikmati ramuan obat herbal hangat ini sebagai obat pencegah diabetes melitus.

Ceplukan untuk mengatasi asam urat

Siapkan satu batang tumbuhan ciplukan termasuk buah, batang dan daun Kemudian, cuci hingga bersih dengan air mengalir lalu Rebus tumbuhan tersebut dengan 3 gelas air Tunggu hingga air mendidih dan menyisakan 1 gelas air Setelah itu saring dan dinginkan Kemudian konsumsi air rebusan secara rutin .

Ceplukan untuk mengtasi tekanan darah tinggi

Untuk mengobati darah tinggi ambil buah cimplukan sebanyak 5 butir, kemudian rebus dengan air sebanyak satu gelas ukuran sedang selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di perhatikan adalah waktu penyimpanan air rebusan tidak boleh lebih dari satu hari, karena kandungan senyawa yang bermanfaat sudah hilang.

Ceplukan untuk mengatasi influenza

Cara menjadikan obat yaitu ambil 2 batang pohon cimplukan lalu direbus dengan 2 gelas air, saring dan diminum 2x sehari.

Nah sahabat oemah herba demikian ulasan saya tentang khasiat dan manfaat tanaman ceplukan ,semoga bermanfaat dan salam sehat .

Pengunjung juga mencari :
beli buah ciplukan
berapa harga buah ciplukan
bibit buah ciplukan
biji buah ciplukan
bisnis buah ciplukan
buah ciplukan (( physalis angulata l)
buah ciplukan adalah
buah ciplukan atau cecendet
buah ciplukan bahasa inggrisnya
buah ciplukan buah ciplukan
buah ciplukan di eropa
buah ciplukan gambar
buah ciplukan harganya mahal
buah ciplukan mahal
buah ciplukan obat ayan
buah ciplukan obat diabetes
buah ciplukan obat kanker
buah ciplukan untuk apa
buah ciplukan untuk epilepsi
buah ciplukan untuk ibu hamil
buah ciplukan untuk stroke
budidaya buah ciplukan
cara mengkonsumsi buah ciplukan
cara pemasaran buah ciplukan
export buah ciplukan
foto buah ciplukan
gambar buah ciplukan
harga buah ciplukan
harga buah ciplukan di eropa
jual beli buah ciplukan
jual buah ciplukan
klasifikasi buah ciplukan
manfaat buah cecendet/ciplukan
manfaat buah ciplukan bagi tubuh
pembeli buah ciplukan
pohon buah ciplukan
struktur buah ciplukan
supplier buah ciplukan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT

MANFAAT TUMBUHAN ANTING-ANTING

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK