YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG KEPUTIHAN

Pengertian keputihan

Yang perlu anda tahu tentang keputihan

Pengertian keputihan

Oemahherba.blogspot.com . Pada dasarnya setiap wanita pernah mengalami keputihan karena keputihan pada wanita merupakan hal yang alami dan Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi . Saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir yang diproduksi kelenjar dalam vaginadan serviks atau leher rahim ini akan keluar sambil membawa sel-sel mati serta bakteri sehingga vagina tetap bersih.

Keputihan pada wanita hamil

Keputihan biasanya juga terjadi pada  ibu hamil karena adanya perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya keputihan. Aliran darah akan meningkat ke daerah kewanitaan ketika seorang wanita dalam masa kehamilan hal itu menyebabkan cairan vagina menjadi lebih meningkat. Pada ibu hamil cairan vagina mempunyai manfaat untukmencegah infeksi dari vagina menuju ke rahim. Lalu apakah keputihan pada ibu hamil berbahaya  ?..tentu ini menjadi pertanyaan bagi mereka yang mengalami masa kehamilan  pada dasarnya  tidak semua cairan vagina memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk seperti terjadinya infeksi vagina .Ibu hamil rentan terhadap infeksi vagina karena kesulitan dalam membersihkan daerah intimnya.

Jenis jenis keputihan

Untuk jenis keputihan biasanya   dibagi menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan tidak normal (patologis). keputihan fisiologis adalah keputihan yang rutin terjadi setiap bulannya  biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis ini adalah keputihan yang tidak normal hal ini dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan jenis ini antara lain bakteri , virus ,jamur atau juga parasit . Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil ,nah dari sini anda anda sudah mengetahui mana jenis keputihan yang harus di waspadai.

Gambar ciri ciri keputihan

Ciri-ciri keputihan

Setelah anda mengetahui jenis-jenis keputihan tentunya anda juga harus mengetahui masing-masing ciri dari keputihan tersebut ,diatas sudah dijelasakan bahwa keputihan di bagi menjadi 2 golongan yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal lalu apa ciri dari masing-masing jenis keputihan tetsebut ? Berikut ciri-cirinya :

Ciri ciri keputihan normal (fisiologis)

1. Cairan yang keluar bening atau tidak berwarna, tidak lengket dan encer.
2. Tidak mengeluarkan bau yang menyengat.
3. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal atau nyeri

Ciri ciri keputihan tidak normal (patologis)

1. Keluarnya cairan berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu . Cairan ini bisa encer atau kental namun lengket dan kadang-kadang berbusa.
2. cairan ini mengeluarkan bau yang menyengat.
3. Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya serta dapat mengakibatkan iritasi pada vagina.bisa jadi ini merupakansalah satu ciri-ciri penyakit infeksi vagina yang berbahaya seperti HIV, Herpes, Candyloma.

Memang keputihan tidak selalu berbahaya namun bukan berarti juga aman, ketika anda mengalami keputihan jenis yang kedua tentu anda harus Bisa menyikapinya dengan tepat seperti berkonsultasi dengan dokter ataupun mengkonsumsi herbal untuk keputihan.

cara sederhana untuk mencegah keputihan 


Walaupun keputihan adalah sesuatu yang alami bagi seorang wanita namun keputihan yang mempunyai efek merugikan bisa di cegah dengan beberapa cara berikut :

1. membersihkan bagian luar organ intim kewanitaan secara teratur (terutama pada saat menstruasi dan setelah berhubungan seksual) dari arah depan ke belakang (jangan sebaliknya) untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina. 
2. gunakan pakaian dalam dengan bahan yang nyaman agar tidak lembap dan lengket 
3. jangan memasukan benda asing ke dalam vagina tanpasepengetahuan dokter.
4. Mengganti pembalut secara teratur saat menstruasi
5. Hindari penggunaan pembalut, pantyliner, atau pembersih kewanitaan beraroma
6.Segera ganti pakaian dalam bila sudah terasa basah/lembab
7. Bersihkan dan keringkan organ intim setiap kali setelah mandi dan ke toilet .

Tentunya dari uraian diatas anda bisa mewaspadai ,mencegah dan mengambil tindakan yang bijak ketika mengalami keputihan sesuai ciri tersebut diatas ,baiksahabat oemah herba sekian dulu artikel dari saya semoga bermanfaat ,sampai jumpa di artikel berikutnya ,,salam sehat.


Pengunjung juga mencari :
keputihan saat hamil
keputihan gatal
keputihan warna coklat
keputihan berwarna kuning
keputihan saat hamil tua
keputihan seperti susu
keputihan adalah
keputihan berlebihan
keputihan yang normal
keputihan warna hijau
keputihan putih susu
keputihan terus menerus
keputihan berbau
keputihan banyak
keputihan tidak normal
keputihan kental
keputihan bercampur darah
keputihan awal kehamilan
keputihan ada bercak darah
keputihan apa bisa hamil
keputihan akibat jamur
keputihan ampas tahu
keputihan ada darah
keputihan apakah najis
keputihan agak kuning
keputihan disertai nyeri pinggang
keputihan disertai darah segar
keputihan dan kehamilan
keputihan dan cara mengatasinya
keputihan encer saat hamil
keputihan encer dan berbau
keputihan pasca melahirkan
keputihan pada wanita muda
keputihan pada bayi
keputihan pada anak usia 12 tahun
keputihan putih bening
keputihan pada awal kehamilan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT

MANFAAT TUMBUHAN ANTING-ANTING

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK