KOLESTEROL DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA

GAMBAR KOLESTEROL TINGGI

Pengertian penyakit kolesterol tinggi

Oemahherba.blogspot.com . Secara alami memang di dalam tubuh kita mempunyai kadar kolesterol namun jika kadar kolesterol dalam darah  berlebih itu akan menyebabkan masalah bagi kesehatan kita dan hal ini biasa di sebut penyakit kolesterol atau kolesterol tinggi atau dalam bahasa medis di sebut hiperkolesterolemia  Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung. Namun sebenarnya kolesterol juga di butuhkan oleh tubuh kita karena mempunyai manfaat seperti :

-Membantu perkembangan janin dan otak bayi
-Membantu perkembangan saraf
-Berfungsi sebagai Pembungkus jaringan syaraf dan membran sel
-Memproduksi hormon yang baik untuk kekebalan manusia
 Dan masih banyak lagi fungsi kolesterol yang baik untuk tubuh, sayangnya kadar kolesterol yang tidak terkontrol menjadi bumerang bagi manusia dan justru menimbulkan beberapa penyakit didalam tubuh yang pada tataran tertentu bisa berkibat  kematian .

Faktor penyebab kadar koleaterol tinggi

1. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab seseorang mempunyai kolesterol tinggi berikut bebrapa contoh gaya hidup tidak sehat yang memicu meningkatnya kadar kolesterol
-mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlalu berlebihan seperti Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan juga meningkatkan resiko hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi pada dasarnya makanan berlemak dibagi menjadi dua lemak jenuh dan lemak trans Lemak jenuh terdapat pada makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, susu, kuning telur, mentega, dan keju. Sedangkan lemak trans ditemukan pada makanan yang digoreng dan makanan kemasan, seperti cookies, crackers, dan keripik.
-konsumsi alakohol yang berlebihan
Minum alkohol dalam jumlah banyak  dan rutin dapat menjadi penyebab tingginya kolesterol dan trigliserida.
-Merokok
Bahan kimia beracun dalam rokok yang disebut akrolein dapat menghentikan “kolesterol baik” (HDL) dalam mengangkut timbunan lemak ke hati, sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis ).
-Enggan berolah raga
Orang yang jarang bahkan tidak pernah olahraga atau aktifitas fisik akan dapat meningkatkan kadar “kolesterol jahat” (low-density lipoprotein, atau LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL = high-density lipoprotein)

2.Kelebihan berat badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih, cenderung memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi, dan memiliki kadar kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) yang rendah.

3. Adanya penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit, termasuk penyakit ginjal, liver, dan tiroid yang tidak aktif, yang bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat

4. Faktor keturunan

Faktor lainnya adalah riwayat keluarga atau genetik. Kondisi kolesterol tinggi yang terjadi di dalam keluarga disebut familial hypercholesterolaemia. Satu dari lima ratus orang mewarisi kondisi ini dari orang tua. Seseorang yang memiliki kondisi ini, biasanya tidak bisa menghilangkan kelebihan kolesterol yang terdapat dalam darah dengan sempurna. Dan bagi mereka yang hidup dengan kadar kolesterol tinggi, berarti berisiko untuk mendapatkan gangguan jantung dini. Anda lebih rentan terkena kolesterol tinggi jika keluarga laki-laki (ayah atau saudara kandung) terkena stroke atau penyakit jantung koroner di bawah usia 55 tahun. Anda juga rentan memiliki kolesterol tinggi jika keluarga perempuan Anda (ibu atau saudara kandung) terkena stroke atau darah tinggi di bawah usia 65 tahun.

KOLESTEROL DALAM DARAH


Nah sahabat oemah herba Setelah kita mengetahui faktor-faktor penyebab kolesterol tinggi mudah-mudahan kita bisa mengantisipasi ,dengan melakukan pencegahan terhadap penyakit  ini untuk mengurangi angka penderita penyakit kolesterol .karena menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.
Wah cukup tinggi bukan angka penderita kadar kolesterol tinggi di indonesia mudah-mudahan sahabat oemah herba bisa menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi dengan memulai pola hidup sehat .

Sekian dulu artikel saya kali ini mudah-mudahan bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT

MANFAAT TUMBUHAN ANTING-ANTING

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK