MENGENAL KITOLOD DAN MANFAATNYA UNTUK MATA

Gambar bunga kitolod

Mengenal tanaman kitolod


Oemahherba.blogspot.com . daun kitolod atau dalam bahasa ilmiah di sebut Isotoma Longifora ,mungkin bagi sahabat oemah herba sudah tidak asing lagi dengan tanaman berkhasiat obat yang satu ini , seperti kita tahu bahwa tanaman kitolot dapat tumbuh di mana saja terutama di tempat-tempat yang lembab seperti di pinggir selokan di semak-semak dan di tempat lembab yang terbuka dengan udara bebas ,namun ada juga daun kitolot yang di budidayakan ,sepereti di lingkungan sekitar tempat tinggal admin banyak yang menanam kitolod di halaman rumah atau di dalam pot dan di taruh di teras  sebagai tanaman hias , walaupun mudah di temukan tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa daun kitolod ini mempunyai banyak manfaat ,termasuk yang sangat populer untuk pengobatan berbagai keluhan mata .

Baca juga :
MANFAAT MADU ASLI MULTIFLORA

Kandungan senyawa biokimia tanaman kitolod.

Daun kitolod sendiri mengandung beberapa senyawa biokimia berupa alkaloid, saponin, flavonoid, dan poliferol. Senyawa-senyawa tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi mata. Menurut Heyne:1988, senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol dapat disebut dengan seyawa bioaktif. Yaitu senyawa yang mengandung zat bioaktif, yaitu zat yang termasuk metabolit sekunder yang bersifat aktif secara biologis. Aktifitasnya antara lain sebagai antiseptik, yaitu suatu zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri, khamir, dan kapang yang dapat digunakan untuk industri pangan dan farmasi.

Baca juga :
MENGENAL BANGLE DAN MANFAATNYA

Manfaat daun kitolod untuk mata

Mata adalah karunia yang sangat berharga dari allah subhanahu wataala , ketika mata mengalami gangguan pasti kita mengalami kebingungan karena mata merupakan sarana kita untuk melihat indahnya dunia , sebagaimana kita tahu allah melalui alam telah menyiapkan semua untuk kita ,termasuk untuk perawatan mata salah satunya adalah daun kitolod ,,kitolod di percaya bisa mengatasi berbagai gangguan ataupun hanya untuk sekedar perawatan mata Seperti yang di sampaikan Prof.HC.Dr.H.W. Isnandar pimpinan Jamu Dayang Sumbi mengatakan “ bahwa bunga kitolod mempunyai khasiat untuk mengobati mata. Mulai dari rabun, katarak hingga mata plus dan minus”. Dan berikut saya ulas tips yang saya kutip dari anggiherbal.com tentang bebrapa cara menggunakan daun kitolod untuk mengibati masalah pada mata . 
Namun sebelum mengguakan kitolod ada hal penting yang perlu di perhatiakan yaitu daun atau bunga kitolod yang di pakai haruslah benar benar bersih gunakanlah  daun atau bunga kitolod yang dibudidayakan, atau tidak mengunakan tanaman ki tolod yang berasal dari tempat yang kotor yang pada akhirnya justru akan memperparah penyakit mata kita.
Daun bunga kitolod


Dan berikut tips pemanfaatan kitilod untuk pengobatan mata :

1. Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas yang berisi air bersih, diamkan beberapa menit.
2. Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.
3. ada saat penggunaan, mata terasa perih dan terasa sepet .itu hanya sebentar, kemudian lakukan berulang–ulang, minimal 3x sehari.

Ok sahabat oemah herba demikian artukel saya tentang mengenal kitolod dan manfaatnya untuk mata ,semoga bermanfaat sampai jumpa di artukel berikutnya ..salam sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT

MANFAAT TUMBUHAN ANTING-ANTING

MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK